Halloween Costume ideas 2015

Pelibatan Publik Dalam Proses Pengembangan Dan Implementasi Kurnas

Tujuan Pelibatan Publik atau Partisipasi Publik pada Kurikulum Nasional yaitu untuk Melakukan proses yang terbuka dan bertanggung jawab dalam pengembangan dan implementasi kurikulum nasional dengan melibatkan seluruh pelaku di ekosistem pendidikan Memfasilitasi masukan publik pada aspek dokumen kurikulum, buku, kesiapan guru dan sekolah, baik yang bersifat evaluatif maupun aspiratif Mendapatkan contoh model implementasi yang beragam, efektif dan efektf untuk potensi anak teruji di lapangan.

Pada Kerangka Dasar Kurnas, Publik diundang untuk memberi masukan bagi topik-­topik kunci yang dibutuhkan dalam beberapa seri diskusi publik maupun bentuk lain. Peserta diskusi terdiri dari undangan, namun sebagian kegiatan akan bersifat terbuka bagi yang ingin mendaftar
dan yang memiliki kontribusi sesuai dengan tema diskusi.

Dilakukan di berbagai tempat di Indonesia (representasi kawasan geografis,pengaruh,tingkat pendidikan), seluruh proses dikomunikasikan terbuka lewat mekanisme online

Contoh tema seri diskusi publik:
• Standar kelulusan siswa
Harapan siswa setelah lulus 12 tahun dari sistem pendidikan di Indonesia
• Proses belajar menyenangkan dan efektif bagi siswa
• Praktek-­‐praktek efektif dalam membentuk karakter positif
• Muatan lokal: Proses belajar efektif yang sesuai dengan potensi lokal
• Proses Penilaian yang efektif dengan potensi anak

Kurikulum nasional adalah standar minimal yang diterapkan di seluruh Indonesia
sedangkan daerah dan sekolah dapat mengembangkan kurikulum sesuai keunikan dan konteks kebutuhannya.
Pelibatan Publik Dalam Proses Pengembangan Dan  Implementasi Kurnas

Kemdikbud akan bekerja sama dengan daerah dalam hal mengembangkan kapasitas sekolah untuk mengembangkan kurikulum berbasis kearifan lokal. Proses perbaikan kurikulum bukan hanya pada perbaikan dokumen tetapi juga fokus pada penguatan kapasitas sekolah dan guru melalui pelatihan dan pendampingan sekolah, baik untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum KTSP maupun 2013.

Dalam proses pengembangan implementasi kurikulum, kemdikbud akan terus menyediakan jalur yang terbuka bagi publik untuk terlibat memberikan masukan lewat berbagai mekanisme dan kanal; antara lain dalam bentuk laporan serta forum-­forum diskusi.
Loading...

Poskan Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget